Sabtu, 07 Agustus 2010

Teletubies in Jogjakarta










One of The Greatest Herritage in Indonesia

The Journey of the Big Freinds
(Three of the greatest ''heritage'' in Java)


Senin, 01 Feb 2010


Jogjakarta, bener DIY itu adanya di Pulau Jawa, tepatnya Jawa Tengah dan Jogjakarta itu bukan ibukota Jawa Tengah yah hehehehe soalnya ada juga yang masih salah-salah, ibukota Jawa Tengah itu Semarang, kalo mu tau lebih tepat luas kota Jogja, dan jumlah penduduk dan bentuk pemerintahan kota Jogjakarta mendingan liat di wikipedia atawa tanya ajah langsung ke Badan Kependudukan Kota Yogyakarta (BPKY, kalo informasi yang ini mending jangan dipercaya yah soalnya gw ngarang singkatan BPKY). Jogjakarta ini termasuk salah banyak (soalnya banyak banget kota tujuan wisata di Indonesia) dari kota tujuan pariwisata di Indonesia, turis lokal en interlokal...wkikikiki..istilahnya, berasa lagi nerangin tarif Telkom SLJ en SLJJ yah. Iyah emang bener banyak kok orang-orang yang sengaja liburan ke kota ini. Dan biasanya Jogjakarta tuh wajib banget di kunjungin sama anak-anak sekolah (kelas 6 SD, 3 SMP atau 3 SMA) buat karyawisata. Tapi waktu jamannya gw sekolah sih, mulai dari SD mpe SMA sekolahan gw gak ada tuh yang ngadain karyawisata ke Jogjakarta.. napa yah??? Ato emang gw masuknya sekolah inpres kali yah... Nah jadinya gw revenge deh sekarang, biarin gak bareng-bareng pergi karyawisata ama temen-temen sekolah tapi gw en 2 orang temen gw udah mewakilin jumlah satu kelas wkekekeke maap yah kawans. Maksudnya, gw, Erwin dan Deasy kalo bobot badannya di jumlah bisa deh mewakili satu kelas..jiaaahhhh kaga segitu nya kali yaaah.. tapi setelah gw liat-liat foto nya kita en kalo pas ge ada di alam sadar en mikir pas ita ge jalan barengan berejejer, kebayang sih kalo kita itu menuh-menuhin jalan.. tapi... here we are big is beautiful, nah susah tuh yah kalo kita udah punya slogan kaya gitu en masing-masing udah pulih banget gambar dirinya (terlalu pulih kali yah ).


Nah gw kepengen gambarin gimana temen-temen gw itu, lady’s first, Deasy, nama panggilan ato nama bekennya Ency, tau juga tuh darimana asalnya di panggil Ency, kalo diliat-liat sih temen gw sekarang emang udah cocok banget kalo di panggil Ency soalnya emang udah enci2 banget dia skr...apalagi pas udah punya angel cantik –Joleen ( nama anaknya Deasy) cantik, putih, chubby (itu sih udah pasti), senyumnya wuaaah banget lah apalagi di tambah tai lalat yang nempel di dagu nya, kaga nahan boo (Rano Karno versi cewe nya, Rani Karni), matanya belo, idungnya hhmmm... kalo kata orang Chinese sih itu idung hoki (Amin! Kalo yang bagus2 di amin-in ajah deh ‘ncy), easy going dan lucu (itu mah udah bawaan orok kayanya) oh iyah ada satu cerita yang gak bakalan gw lupain mpe gw tua kali yah (kecuali gw berangsur-angsur pikun kali yaaah). “Deasy itu punya kakak cowo en adik cowo, hmm jadi dia cewe satu2nya en pastinya pengen banget maen ama sodara2nya yang cowo, nah jamannya kita yang taun 80-90 an Film Ghostbuster ge ngetop-ngetopnya dan mereka, si 3 bersaudara itu, berencana maen Ghosbuster2-an deh, kalo di Film nya mereka kan nangkepin ghost (hantu) yang gentayangan terus dimasukin ke dalem tabung en di sedot pake alat penghisap hantu, nah kalo mereka maen Ghostbuster bukannya nangkep hantu tapi nutupin (sorry to say ) tai melek (alias tai ayam) di gudang rumahnya yang deket ama kebon en kebetulan pegawenya pelihara ayam jadi pegawenya bikin kaleng bekas susu bubuk dibikin kaya ta gendongan (ransel) en dibikin sendok yang di kasih gagang terus kaleng kosongnya di isi ama pasir dan tanah kering, so setelah peralatan lengkap mereka udah siap jadi Ghostbuster deh alias Taimelekbuster yaiiiikkkssss, mereka ambil pasir en tanah kering pake sendok en dah gitu ddi simpen di atas tai ayam yang masih basah gitu deh sambil nyanyi “Ghost..Ghost..Buster” ... yaiikksss huaaaahhh.. wkakakakakaka... kalo dipikir-pikir maenan jamannya 80-90 an masih konservatif deh, kaga musim PS ato Inet, tapi menyenangkan juga . Ency pokoknya owkeh banget lah, istri tercinta dari Ronald (dia temen gw juga) en mamih dari nona kecil (Joleen) gw penasaran jg seh.. Joleen bakalan di ajarin ama mamihnya maenan Ghostbuster gak yah??? .


Nah temen gw yang satu namanya Benyamin Erwinsyah Terahadi, nama beken Erwin, nama panggilan Wiwin wkikiki.. gw tau banget kalo dia di panggil Wiwin, dia bakalan protes keras soalnya berasa nama tukanng cengek (cabe rawit) katanya “hallaaaaahhh Erwin, diskriminasi nama lu mah!!! tapi iyah juga sih mana ada tukang cabe yang sesubur lu yah win???” wkakakaka... gw tuh ge menggambarkan temen2 gw en gw sendiri gak nyadar kalo gw ge ngatain diri sendiri juga J. Kalo ajah yang namanya Wiwin lebih gede dari gw, kali ini gw bukan ngomongin lagi soal ukuran badan yah karena ukuran badan itu gak usah di perdebatkan di cerita gw kali ini soalnya ukuran kita mah sama2 ajah, L plus X jadi XL wkekekeke. So.. Erwin the best ever my friend in the over Bandung and over the world. Kalo cari temen jalan yang cocok gak usah jauh-jauh lagi, gw pasti kontak dia en pasti passion kita sama kok, apalagi kalo soal wisata kuliner hihihi teteup perut nomer satu.


So, gak susah kok kalo kita jalan atau pergi bertiga, secara hobi utama udah pasti sama dan kalo hobi yang satu ini terpenuhi, aman dah kaga akan ada yang protes, makan! Nah cuman satu kata itu yang bisa bikin kita bersatu dan gak akan ada yang saling protes. Kolom protes bakal dibukan seudah makanan abis di mulut, gak akan ada masalah kok, palinng juga langsung masuk daftar blacklist. So sepanjang makanan dan perut bisa terisi gak akan ada yang protes.


Sering denger kata yang namanya ‘komunikasi’ yes.. kata itu yang sering jadi masalah buat kita, apalagi buat gue hehehe yang orang yang suka banget berasumsi dan menganggap orang itu harus tau apa yang ada dipikiran gue. Jadi rencana awalnya Teletubies itu mau pergi barengan dari Bandung ke Jogjakarta, tapi setelah dipikir-pikir dan direnung-renung kayanya jadi rada aneh deh kalo misalnya gue en Ency kudu jalan dulu ke Bandung en yang paling enak itu pastinya si Wiwin yang bener2 tinggal di Bandung. Ency yang dari Tasik en gue yang dari Pangandaran secara, coba bayangin apa namanya niat banget tuh pergi ke Jogja tapi ke Bandung duluan hehehe... Nah cerita punya cerita jadinya kita ganti haluan, Ency pasti pergi dari Tasik naik kereta en Erwin dari Bandung pake Kereta juga dan ini dia yang jadi masalah, si Evie, pengennya naek kereta bareng2 dunks, secara kan ke Jogja itu perjalanan jauh en bete juga kalo sendirian di jalan, jadi kepengennya naik kereta juga tapi yah itu yang jadi masalah kalo naek kereta kudu jalan dulu ke Banjar naik Bis kecil yang jadwal berentinya gak pake itungan jari lagi, bis kelas sabun ekonomi, pokoknya gue pengen ke Jogja tapi gak cape2 amat en menyenangkan, jadi akhir keputusanya gue kepengen naik travel aja. Niat en asumsinya gue sih pas gue ngomong ke Ency terus Ency bilang ke si Wiwin, tapi ternyata gak ada tembusan informasi apapun buat Wiiwn en sehari sebelum kita mau jalan ke Jogja, Wiwin kepengen beli tiket kereta buat kita bertiga dan untung aja kalo dia telepon gue dulu karena gue kan batal naik kereta, yaaah..pasti taulah akhirnya ada ‘masalah’ en miskom antara kita, rasanya kesel banget, gue kesel ke si Wiwin en Wiwin juga kesel banget ke gue. Lumayan juga tuh emosinya kita. So that ‘s our first start, awal yang kurang bagus deh, dan kalo kata gue sih itu awal dari berbagai ‘kesialan’ kita di awal2 kedatangan di Jogja hehehe..


Yes... makan itu ide kompaknya kita pas ketemu di Hotel, Hotel Abadi jalan Pasar Kembang Jogjakarta, harga Rp. 450.000 per night. Mandi en jalan ke Malioboro, cari makanan yang paling deket en yang paling cepet. Yah gak ada pilihan lagi cuman lesehan yang ada di sepanjang jalan Maloboro, dari mitos en cerita2 rakyat yang kita denger, jangan pernah kita mau makan di lesehan Malioboro, harganya mahal en gak enak2 amat, tapi kita dengan iman yakin banget kalo bisa mematahkan segala mitos dan takhayul , secara Erwin itu WL (= Worship Leader paling owkeh banget di gereja nya ), pesen ikan goreng, ayam goreng en ayam bakar, gak mahal sih tapi itu ini yang bikin mahal, eh tiba2 ada tuh si mbok2 jualan sate yang lewat depan mata kita dan dengan kompaknya (lapar mata mode on) kita sama2 kepengen makan sate juga, pesen satu porsi en harganya Rp.10.000, ukuran satenya bener2 ukuran ayam remaja yang ge mu ikutan kontes ratu kecantikan en ge stress berat, diet karbohidrat ketat, puasa 3 hari 3 malem... asli kurus bangggettttt... kebayang gak tuh.. gak ada dagingnya sama sekali alias tipis piiisss piiiiiissssss, (hmmm.. ngomong-ngomong gambaran gw tentang sate ayam bener-bener keliatan keki banget gak seeehhh??? ) tapi yah dengan gagahnya kita gak nawar en bayar ajah langsung en berasa orang kaya raya, soalnya kita baru nyampe di Jogja en masih punya banyak uang di kantong jadi kaga berasa kalo 10 ribu buat sate ayam stress en diet ketat itu kemahalan, so... perut kenyang tapi belum puas dan perjalanan di lanjut ke Mirota, toko souvenir paling gede en terkenal di Jogja, dan konon katanya juga kalo di Mirota itu ada tempat makan, cafe yang nyedian makanan enak en harganya gak bikin darah tinggi kaya harga sate ayam diet karbohidrat itu ( huaaahh.. bener2 keliatan kalo gw ‘gak’ banget deh ama harga sate ayam nya ).


Puas jalan2 di tempat souvenir, langsung deh the next destination is Cafe Mirota, Cafe nya tepat banget di atas toko souvenir Mirota, tingkat paling atas. tempatnya emang seru juga seh, nama menu makanannya juga seru2 en foto makanannya juga bikin sensor makanan di otak kita bertiga bener2 tergugah pesen minuman yang keliatannya paling enak en apa daya ternyata kota Jogja itu bener2 belum jadi temen kita kaenya, rasanya bener2 aneh en gak keruan deh. Gw mulai berasa ada yang kurang beres ama touring nya kita kali ini deh...hhhmmm... soalnya udah 3 kali ngetes makanan tapi gak ada yang beres deh. Lidah kan sensor utamanya Teletubies kalo itu beres dan berjalan lancar, semuanya lancar dah. Kesialan pertama di hari pertama kita gak berenti cuman sekali ajah tapi lanjut ke tujuan berikutnya. Kita emang gak bikin tujuan tempat wisata atau jadwal perjalanan, tapi kita bener2 desperatly kepengen banget makan makanan khas Jogja yang bener2 enak, tanya ke orang yang udah pengalaman di Jogja, ide yang bagus en rekomendasi datang juga, Mie Godog, Mie Godog Kadin konon katanya jaman Alm Presiden Soeharto Mie Kadin ini Mie fav nya Soeharto en kalo misalnay ada acara kenegaraan pasti aja si Mie Kadin ini di ajak buat jadi menu utamanya, waaaah iklan yang seru tuh, YES!!! Mie Kadin is our next destination, jalan kaki, gak masalah demi makan mie terkenal itu, nah sepanjang jalan kita bener2 kaget kalo ternyata yang jualan sate ayam yang kaya si mbok2 harga sate 10 ribu itu banyak banget berjejer lebih dari 10 mbok2 duduk dipinggir jalan, tangannya kanannya ngipas sate tangan kirinya pegang sate en mulutnya sibuk teriak2 keras banget “sate sate 1 porsi 3 ribu” Huuaaaahhh. Gak salah denger tuh kita, harganya itu loh cuman 3 ribu, ternyata kesialan kita itu dimulai dari duduk makan di lesehan Malioboro en beli sate yang harganya 3 kali lebih mahal. Yang paling gondok kita tuh ngeliat si mbok2 yang tadi kita beliin ge teriak2 juga “1 porsi 3 ribu” jiaaaah.. so gak akan mungkin donk kita ngedatengin so mbok en marah2 trus minta uang kembalian hhhffffhh.. palling juga besok di Tribun Jogja bakal ada headline news “3 orang turis telah tertipu”


Pantang menyerah kita lajut cari makan Mie terkenal itu, pas nyampe sana kita yakin banget kalo tempat itu jual mie yang rasanya istimewa, coz banyak juga orang lagi makan disana. Pesen 3 porsi langsung.... yaaaah rasanya mah gak beda jauh ama tukang mie tektek yang biasa kita beli Bandung. Dalam hati gue mikir, ini mie bakalan istimewa rasanya kalo emang bertiga makan barengan ama Presiden kali yah... hhhmmm... istimewa bukan karena rasanya tapi karena makan bareng Presiden, btw apa rasanya makan bareng ama Presiden atau Petinggi negara yah, sampe saat in sih gw belon pernah ngerasain tuh.. sapa tau ye kesampean (pertanyaannya : “emang penting banget yah buat lo vie makan bareng petinggi ato Presiden?” evie : “tau juga tuh, cuman keliatan keren ajah en gw ada foto bareng Presiden ”). So rasa Mie Godog nya gak bikin kita puas dan tetep merasa tertipu sama iklan2 yang kita dapet. Pulang ke hotel naek taksi dengan alesan males ajah hehehe gak ada alesan yang paling mendasar sih. Gw janjian ama Heru en temennya en mau ketemuan di Hotel Abadi. Ngobrol bentar di kamar en kenalan deh kita soalnya Heru gak kenal ama Erwin en Ency juga. Gak rela dunks kita di Jogja cuman tidur ato diem doank di hotel secara kita bertiga di Jogja bukan buat honeymoon, trisum maksudnya J. Emang deh gak jauh2 rencana selanjutnya dari cari tempat nongkrong en makan tentunya, gak kebetulan juga Heru en temennya hobi banget makan, tapi yah klao kata gw sih body mereka mah emang masih available buat dimasukin makanan malem2 soalnya ukuran baju masih gak pake X depannya. Meng-excuse diri en bilang “kan kita lagi liburan, gak apa2 dunks makan banyakan dikit” J. Next destination, Warung Angkringan di jalan Mangkubumi (deket sama jalan Maliboro), Warung Akringan tuh warung yang bukanya malem2, lokasinya pinggir jalan en cuman disedian tiker buat duduk, jualan kopi, teh, wedang, nasi kucing (nasi yang ukuran porsinya sedikit banget cuman satu suap kayanya), gorengan en makanan ringan. Warung Angkringan tuh Jogja banget dah, soalnya murah gak ada dua. Dan... yah betul gak salah lagi tujuan selanjutnya adalah tetep memburu makanan, kayanya mah kalo bisa 24 jam makan gak berenti2 dah. Sate Klatak di daerah Bantul. Sate kambinng yang gak pake bumbu apa2 cuman ditaburin garem en ditusuk ama bekas jeruji sepeda. Satenya gak bau en kering, enak sih tapi akhirnya perut kita ada limitnya juga nih, karena kebanyakan jadi nya kenyang bangnet deh. Eh Heru en temennya emang masih punya space tuh di erutnya en ngajakin buat berburu makanan selanjutnya, tapi gak deh kayanya. Udah subuh juga ceritanya jadi mata minta bagian buat tidur. Minta referensi tempat makan pagi yang enak di Jogja, padahal kita tuh udah nginep di Hotel Abadi kelas bintang 3, jadi disedian buffet breakfast yang kalo menurut kita sih banyak en bagus menunya.


Besok paginya, hhmmm ak pagi denk tapi bangun agak siang tepatnya, kita merelakan buat breakfast dikit banget di Hotel en lebih milih buat makan Soto di Stasiun Tugu, menurut referensi temen2 nih soto termasuk soto yang pualing enaks d Jogjakarta. Tertarik gak tuh kalo denger iklannya kaya gitu??? Makanan berakfast hotel sih lewat, dengan gagah dan penuh harap dapet makan pagi yang ‘terkenal’ itu kita sama sekali ga mu liat menu breakfast di hotel, don’t care at all,

......... to be continue....



Gak kepengen sama sekali liat menu Breakfast di Hotel Abadi dan teteup FOKUS sama Soto yang ada di Stasiun TUGU. Udah kebayang banget tuh enaknya soto yummmyyy.. pagi2 makan kuah anget2 dan kebayang enaknya itu loh :). Gak susah2 banget sih nyari tempat yang jual sotonya, beneran ada di Stasiun TUGU Jogjakarta, uuuuhhfff... udah kepalang basah dah kita masuk ke tempat makan sotonya. Tempatnya kotor banget asli kotor banget (menegaskan kalo tuh tempat bener2 kotor he2) tiang, langit2, panci dll semuanya pada kotor, maklum lah kita kan hobimakan tapi tempatnya gak gitu2 banget juga dih, nah kita tetep ajah pesen makanan karena emang sapa tau tuh tempat jadi kotor gara2 memang soto nya laku banget jadi gak sempet buat beresein tempatnya.. tapi ada satu hal lagi yang bikin tuh nasi soto rada susah buat masuk di tenggorokan gue. Yang jualan soto nya itu loh, si Mas2 nya ada penyakit yang benjol2 di kulit.. huaaah kalo negbayanginnya lagi jadi kepengen uuugghh.. gak lanjut deh, tapi kita tetep ajah makan dan yang rada amazing nya lagi tuh tempat emang lumayan laku juga deh, coz ada beberapa rombongan tamu yang datang en makan. Kalo buat kita sih gak enak juga rasanya dan faktor yang lain2 nya itu loh yang bikin tambah rasa sotonya gak enak banget he2... So pelajaran selanjutnya, hhhmm.. gw lebih percaya ama lidah orang Bandung he2... secara emang gw orang Bandung en emang suka makan, tapi menurut beberapa survey para pecinta kuliner, makanan di Bandung emnag enak2 loh. Dari peristiwa soto stasiun kita jadi lebih kompak en gak ledek2an lagi soal missunderstanding tiket KA, minta maaf ceritanya :) waaah akhir yang manis he2.
Kita lanjut jalan ke Salatiga dan sebelumnya masih penasaran banget kepengen makan soto en makanan yang ada di hotel juga udah keburu di beresin ama hotelnya. NAsib yaah :)pantang nyerah check out dari hotel dan jalan ke Salatiga pake mobil rental en minta di anterin ke tempat yang jual soto "KADIPIRO", nah klao ini emang bener2 enak deh en laku banget jualannya tapi walopun laku tempatnya gak kotor kaya di stasiun juga deh. Selanjutnya warna petualangan Teletabis di Jogja en Salatiga yah tetep soal makanan dan fortunately selanjutnya kita dapet makanan yang pas banget ama lidah kita dan kita happy :). Ceritanya masih panjang juga sih, kita nginep di Pondok Tingal di daerah Borobudur en subuh2 jam 5 jalan ke bOrobudur berharap bisa liat sunrise he2.. secara kalo jam 5 subuh sih gak ada sunrise yang ada juga satpam borobudur en tukang sapu yang udah stand by disana buat nungguin orang2 kaya kita yang kepengen masuk Borobudur tanpa bayar he2.
Senenng banget bisa jalan bareng Ency en Erwin, apalagi di saat kita emang udah jarang banget kumpul en kayanya gak mungkin karena kita udah tunggal di kota yang beda dan apalagi encu yang udah punya baby. Soooooo GREAT. I LOVE IT soooo MUCH. Love you guys and will miss YOU a lot. See you in the next journey.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar